5 Code Editor Untuk Programmer

April 20, 2017 | By gagaspower | Filed in: PHP.

Sebagai seseorang yang berkecimpung di dunia pemrograman, pasti membutuhkan editor untuk menuliskan kode. Ada banyak sekali jenis kode editor yang bisa di pakai oleh seorang programer, seperti Visual Studio atau Eclipse. Akan tetapi, banyak programmer windows yang memanfaatkan Notepad++ sebagai editor utamanya. Terlebih programer PHP, seperti yang kita ketahui sebenarnya adda banyak sekali alternatif editor selain Notepad++. Menurut saya Notepad++ merupakan salah satu editor yang cukup lengkap dan ringan untuk digunakan, tetapi ada bebrapa kekurangan dari Notepad++ seperti tiddak mendukung multiplatform.

Hal ini bisa kita temui jika suatu saat kita harus pindah ke sistem operasi Linux atau Mac OS X. Otomatis, kita juga harus mencari editor yang support dengan OS tersebut, dan pada umumnya editor seperti ini mempunyai fitur sebagai berikut:

  1. free dan Open source
  2. MultiPlatform  dan interface Multi Language
  3. Mendukung thema UI (dark/light) dan Plugin
  4. Mendukung banyak syntax bahasa pemrograman
  5. Multiple Tab editing. Bisa mengedit banyak file sekaligus.

 

Berikut ini ada beberapa Editor code yang bisa kita gunakan, diantaranya:

1.Gedit

Gedit pada awalnya adalah editor bawaan dari GNome Desktop, namun dalam perkembangannya, Editor ini di porting ke Windows dan Mac OS X. Gedit cukup ringan karena dibuat dengan GTK+.

Anda bisa mendownload melalui link https://wiki.gnome.org/Apps/Gedit

gedit

 

2. Geany

Geany pada mulanya adalah Editor C++ yang dibangun dengan GTK+. Mirip dengan Gedit, perbedaan mendasarknya, Geany terintegrasi dengan Compiler G++ dan Make. Dalam perkembangannya, Geany mendukung bahasa lain seperti PHP, Python, java dan beberapa bahasa pemrograman lainnya.

Untuk mendownload bisa melalui link http://www.geany.org/Download/Releases

geany-text-editor

3. Bracket

Bracket adalah editor yang dibuat oleh Adobe. Berbeda dengan dua editor sebelumnya Bracket fokus sebagai editor Web (html,css, javascript) dengan kemampuan Live Preview. Sangat cocok bagi yang senang dengan desain Website. Kelebihan utama dari bracket adlah tersedianya plugin untuk menambahkan fungsionalitas dari aplikasi. Diantara plugin itu adalah integrasi fungsi PHP (auto complete) JSHint, Git, Emmet dan sebagainya.

Link download: http://brackets.io.

bracket

4. Visual Studio Code

Visual Studio code adalah editor free dari Microsoft. Bisa dikatakan VS Code adalah versi “mini” dari Visual Studio IDE. Kita bisa mendownload gratis editor ini, namun Visual Studio Code bukanlah produk opensource, namun produk free (gratis). Ada dua alasan utama yang saya lihat mengapa Microsoft membuat editor ini, yang pertama sebagai Branding dari Visual studio, yang kedua untuk menganalisa kebiasaan programmer dan bahasa yang dipakainya. Editor ini mengirimkan data ke server Microsoft.

VS code Juga dipakai microsoft untuk mengenalkan Bahasa C# dan keluarga .NET ke programer Linux ataupun Mac OSX, makanya jangan heran, VS Code bersifat free dan Multiplatform juga. Yang cukup mengejutkan, VScode juga terintegrasi dengan Git.

Visual Studio Code Editor

 

 

5. Atom Editor

Atom Editor adalah Editor resmi dari Github. Editor ini sangat ringan dan sederhana. Namun, bukan berarti editor ini tidak punya fitur canggih. Fitur canggih dari Atom di implementasikan dalam format Packages. Saat ini ada lebih dari 3000 Package yang bisa anda integrasikan ke Atom. Secara pribadi, Atom inilah yang paling bagus dan paling banyak fiturnya. Selain itu, Atom juga memisahkankan komponen UI dengan nama Elektron. Elektron adalah Platfrom dari Github yang bisa dipakai untuk membuat aplikasi desktop dengan teknologi Web.

 


Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *